Berita

Diskominfo gelar bimtek kelola website

Diskominfo gelar bimtek kelola website

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Berau, Senin (9/8) pagi kemarin, menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Websaite dan media sosial, yang dilaksanakan di Ruang rapat Serba Guna.
Bimtek yang dilaksanakan selama dua hari ini dibuka langsung Kepala Diskominfo, dan dihadiri beberapa Kepala Bidang, serta diikuti masing – masing perwakilan Organisasi Perangkar Daerah (OPD), serta menghadirkan narasumber dari Diskominfo Berau.
Kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan Undang-undang Nomor 14 Tahun 2018 tentang Keterbukaan Informasi Publik, kemudian Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 Tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik, dan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 50 Tahun 2016.
Kepala Diskominfo Kabupaten Berau, Drs Susila Harjaka mengungkapkan bahwa kurangnya update informasi dari user website masing – masing OPD, atau website terpadu menjadi salah satu kendala. “Jadi perlu ditingkatkan lagi update informasi maupun konten yang menarik untuk ditampilkan pada website tersebut, karena informasi sangat penting”, lanjutnya.
Di era digital ini, semua dituntut untuk mengerti tentang teknologi informatika. Website terpadu merupakan salah satu media informasi publikasi yang penting bagi masyarakat, karena itu pelatihan ini perlu diikuti, sehingga website masing – masing OPD bisa dimanfaatkan dengan baik. Imbuhnya.
Oleh sebab itu Harjaka memberikan apresiasi kepada panitia penyelenggara Bimtek, karena telah melaksanakan Bimtek pengelolaan websaite dan media sosial ini dapat berjalan dengan baik, dan dapat meningkatkan Sumbar daya manusia (SDM).
“Bimbingan teknis ini sangat bermanfaat sekali, dimana selama ini belum ada bimbingan teknis tentang pengelolaan websaite dan media sosial yang dilakukan oleh Kominfo”, ujarnya.
Untuk itu, Harjaka berharap para peserta Bimtek pengelolaan wabsaite ini, dapat mengikuti Bimtek ini dengan baik, sehingga dapat mengaplikasikan ilmu yang didapat dari hasil Bintek ini untuk dipersiapkan di OPD masing-masing.
“Kami berharap kegiatan seperti ini berlanjut. Saya juga mengharapkan informasi yang didapat agar dapat dikoordinasikan kepada kepala OPD masing-masing,” ucapnya.
Dikatakan juga, bahwa egiatan ini dilaksanakan sebagai wadah sharing ilmu kepada admin pengelola websaite OPD dan media sosial.
“Kami berharap setiap OPD dapat mempublikasikan segala bentuk informasi, baik informasi program dan kegiatan pembangunan, informasi pelayanan publik dan informasi-informasi penting lainnya,” pungkasnya.
Para peserta ini kemudian dipandu untuk mengelola isi konten yang terdapat pada website terpadu. Selain itu, peserta yang mengikuti pelatihan tersebut juga mendapatkan materi untuk membuat banner digital, penulisan berita, serta menggali berita . Roz.